Dampak Positif dan Negatif New Media terhadap Media Konvensional

Senin, 25 Oktober 2010

New Media bisa diartikan secara sederhana sebagai media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet, contohnya seperti web, blog online social network dll.
Lahirnya New Media jaman sekarang ini membuat interaksi manusia antara manusia sangat mudah, makin dekat dan makin cepat dengan bantuan dari komputer dan internet. Web, blog, online social network, forum dan lain-lain membuat peredaran informasi diseluruh dunia berkembang sangat cepat.
Tentunya hal ini membawa dampak positif dan negatif. Berikut dampak-dampak dari New Media Terhadap Media Konvensional.

Dampak Positif

  •  New Media dapat mempromosikan/mengadvertise media konvensional, walaupun media konvensional menurun. Contohnya media konvensional yang masih ada sekarang yang dapat bersaing yaitu televisi. Dengan adanya New Media produsen televisi dapat mengiklankan produk mereka.
  • New Media menyajikan bahan mentah yang bisa disajikan ulang oleh media konvensional.
Dampak Negatif
  • Update informasi dari Media Konvensional kalah cepat dibanding New Media yang terkadang menyebabkan informasi atau berita yang tersaji di media konvensional menjadi basi (tidak up to date)  .
  • Penjualan Media Konvensional semakin menurun, disebabkan karena New Media yang cendrung lebih murah dan lebih mudah di akses. Contohnya dengan menggunakan telpon genggam kita dapat menerima berita yang sedang terjadi.

    0 komentar:

    Posting Komentar